Saturday, November 14, 2009

Mengedit foto dengan Irvan View

Mengedit foto bukan hanya pekerjaan seorang desain grafis, sekarang semakin banyak orang yang menggunakan program ini. hal ini karena pada zaman digital seperti sekarang ini semakin mudah kita mendapat gambar/ foto, baik melalui hp berkamera maupun kamera digital.
Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman bertanya kepada saya bagaimana cara mengkroping / memotong gambar (foto). Dari pertanyaan teman tersebut muncul niatan saya memberikan sekidit yang saya ketahui dengan harapan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Pada saat saya berada di rumah saudara, Saya pernah mengalami kesulitan ketika mau mengedit sebuah foto. Karena di sana belum ada program untuk mengolah foto, seperti adope Photoshop misalnya. Karena pekerjaan ini tidak bisa ditunda, saya mencoba mencari di internet, di sana saya menemukan sebuah program untuk mengolah gambar atau foto. Program yang sangat kecil dan sederhana tapi sudah mampu menjalankan fungsinya dengan baik. program tersebut adalah Irvan View, yang bisa di download di sini .
Kelebihan program ini adalah.
- Programnya sangat kecil, cuma 1,6 MB, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mendownload dan menginstalnya.
- Penggunaannya yang mudah
- dan ini yang paling penting ... gruatiss.

Kempali ke pokok masalah, bagaimana cara memotong (croping) foto?
1. Select objek yang mau dipotong
2. Tekan control + Y (atau bisa juga dengan tekan edit da selection)
3. Simpan
4. Selesai
Untuk lebih jelasnya bisa di klik gambar di bawah ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat.
salam dari jogja

0 comments:

Post a Comment