Tuesday, December 15, 2009

Tips mengingat passwoord dalam menggunakan internet

Semua orang yang sering menggunakan internet pasti mengenal kata "password". Mulai dari masuk account email, jaringan sosial seperti friendter, facebook, dan lain-lain. Terkadang, karena terlalu banyak memiliki password, kita sering lupa apa password yang telah kita buat untuk masuk ke sebuah account.


Untuk menghindari hal ini, saya mencoba berbagi tips tentang password ini
1. Buatlah daftar password dalam email dan menyimpan semua kata kunci Anda dalam email dan selalu menambahkan setiap kali Anda membuat kata kunci baru.


2. Cara yang lain adalah untuk selalu menggunakan angka 3-4 (yang selalu kita ingat) dan diikuti dengan deskripsi tentang account kita;
kata kunci untuk email google: xyzgoogle
kata kunci untuk email yahoo: xyzyahoo
kata kunci friendster: xyzfriendster
kata kunci facebook: xyzfacebook
dll


3. Dengan menyimpan password kita pada browser
Tetapi kelemahannya kalau orang lain menggunakan komputer kita dan menggunakan browser yang sama dia bisa mengetahui dan memakai account kita. disamping itu apabila kita merubah setingan pada browser, maka password kita bisa hilang.


Untuk sementara ini dulu tips dari saya, semoga dengan tips ini dapat memperlancar kegiatan dalam penggunaan internet.

4 comments:

Lembaga Pelatihan said...

Berdasarkan pengalaman sy yang palimg aman dan mudah adalah memilki buku tulis besar (khusus) untuk mencatat password. jangan menyimpan di kompie kena virus dan jangan menyimpan dalam email.. bisa dihack, jangan berpola ...kurang aman...!!Peace.

percetakan jogjagrafika said...

Terima kasih atas masukannya mas, masukan anda menjadi salah satu alternatif menyimpan password yang bagus.

Saung Web said...

Haha.. ini sih kejadia kejadian yang sering saya alami.. asalal buat aja jadi banyak yg lupa tuh.. thanks ya.. atas tipsnya

jogjagrafika said...

@Saung Web; sama seperti saya, sampai gak ingat lagi berapa jumlahnya, 10-20 ???. diantara semua account tersebut yang tidak berisi data pribadi saya menggunakan pass yg gampang di ingat ..

Post a Comment